Rabu, 11 November 2015

PREDIKSI SOAL UKG MATEMATIKA SMP 2015 SESUIAN KISI-KISI



PREDIKSI SOAL UKG 2015
1.   Urutan penyampaian pokok bahasan berikut ini yang paling tepat untuk mendukung pencapaian kompetensi dasar “mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya “ pada siswa SMP adalah ….
a.    Sifat-sifat segitiga  klasifikasi segitiga  pengertian segitiga
b.    Klasifikasi segitiga  pengertian segitiga  sifat-sifat segitiga
c.    Pengetian segitiga  sifat-sifat segitiga  klasifikasi segitiga
d.   Pengertian segitiga  klasifikasi segitiga  sifat-sifat segitiga
2.  Instrumen penilaian yang paling tepat untuk mengukur pencapaian kompetensi “menggunakan sifat-sifat akar persamaan kuadrat dalam pemecahan masalah“ pada siswa SMA adalah ….
a.    Tes tertulis PG memilih grafik fungsi kuadrat yang diketahui persamaannya
b.    Tes tertulis uraian menentukan ukuran balok terbuka yang dapat dibuat dari sehelai kertas karton agar volumenya maksimum
c.    Wawancara kepada siswa tentang permasalahan aplikasi persamaan kuadrat
d.   Tugas rumah yang memuat langkah-langkah penyelesaian suatu masalah dengan menggunakan persamaan kuadrat

3.  Salah satu media untuk mendemonstrasikan proses pembuktian teorema Pythagoras yang mudah didapat oleh kebanyakan guru adalah ….
a.    MS Outlook
b.    MS Excel
c.    MS Power Point
d.   Makromedia Flash
4.  Salah satu media untuk membuat grafik distribusi suatu data yang paling mudah didapat oleh kebanyakan guru adalah ….
a.    MS Word
b.    MS Excel
c.    MS Power Point
d.   Makromedia Flash
5.  Rumusan berikut ini yang mengarah pada tercapainya kemampuan pemecahan masalah untuk materi “lingkaran” adalah jika……
A.  Diketahui panjang jari – jarinya, siswa diminta menentukan keliling lingkaran
B.  Diketahui luas tutup kaleng yang berbentuk llingkaran, siswa diminta menentukan panjang jari –jarinya.
C.  Di ketahui panjang jari-jari roda sebuah sepeda, sisiwa diminta menentukan panjang jari-jarinya.
D.  Diketahui keliling roda sebuah sepeda, siswa diminta menentukan panjang jari-jarinya.
6.  Soal yang mendukung ketrampilan siswa dalam kemampuan pemecahan masalah untuk materi “permutasi” adalah menentukan banyaknya hasil yang mungkin dari ..
A.  Pengambilan 1 dari 6 piring dan 1 dan 5 gelas yang tersedia
B.  Penempatan 5 bola merah di tempat pertama dan 9 bola putih di tempat ke dua
C.  Pemilihan ketua, wakil ketua, sekertaris, dan bendahara dan 10 calon
D.  Pemilihan lima orang wakil tanpa memperhatikan urutan dari 10 calon
7.  Media permainan “Menara Hanoi “ dapat membantu siswa dalam pembelajaran materi ….
a.    Deret bilangan
b.    Pola bilangan
c.    Barisan aritmatika
d.   Barisan geometri

8.  Berikut ini yang merupakan ketrampilan bertanya yang tepat adalah ….
a.    Dipanggil nama siswa, pertanyaan diberikan, klarifikasi, siswa menjawab, penguatan
b.    Pertanyaan diberikan, jeda sejenak, dipanggil nama siswa, siswa menjawab, penguatan
c.    Dipanggil nama siswa, pertanyaan diberikan, siswa menjawab, klarifikasi, penguatan
d.    (tidak jelas)
9.     dalam pembelajaran kooperatif. Tidak jarang terlihat hanya siswa tertentu saja yang aktif terlibat dalam kelompoknya. Terhadap hal yang demikian. Yang biasa dilakukan guru adalah…..
A.  Memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa dan penghargaan kepada siswa yang memberikan kontribusi terhadap kelompok.
B.  Mempercakan siswa untuk mengatur diri mereka sendiri karena pada waktu pembentukan kelompok sudah memperhatikan heterogenitas
C.  Meminta kepada ketua kelompok untuk memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anggota.
D.  Memberikan penghargaan pada tutor sebaya
10.   Dalam proses pembelajaran matematika, siswa dipandang sebagai
a.    Penerima ilmu yang diberikan guru
b.    Objek pembelajaran matematika
c.    Subjek pembelajaran matematika
d.   Motivator bagi teman yang lain
11.    Seseorang siswa menggunakan rumus Pythagoras untuk mencapai panjang salah satu sisi siku-siku dengan cara seperti berikut.
A2 = b2 + 122
     = 52 + 122
     = 25 + 144
     = 169
  A = ±
     = ± 13.
Karena panjang sisi positif, maka panjang salah satu sisi siku-sikunya adalah 13, kesulitan siswa tersebut adalah :
A.    Tidak memahami teorema Pythagoras
B.    Tidak mampu menghitung akar kuadrat
C.    Tidak mampu mengkomunikasikan gagasan matematisnya
D.   Tidak mempunyai strategi pemecahan masalah

12.    Seorang guru SMP akan mengajarkan konsep pembagian bilangan bulat dengan pecahan   3:  , dengan menggunakan paradigma konstruktivisme kemampuan ini yang disyaratkan pada pembelajaran tersebut adalah…….
A.       Penguasaan konsep pengurangan dan penjumlahan pecahan-pecahan
B.       Penguasaan konsep perkalian dan pecahan
C.       Ketrampilan menghitung factor persekutuan terbesar
D.       Ketrampilan menghitung kelipatan persekutuan terkecil

13.   (……..tdk jls) dalam kemampuan pemecahan masalah secara mandiri dan tingkat kemampuan perkembangan potensial yang ditunjukkan dalam kemampuan masalah dengan bimbingan orang dewasa atau teman sebaya yang lebih mampu disebut ….
a.    Zone of Schema Development
b.    Zone of Proximal Development
c.    Zone of Conceptual Development
d.   Zone of Equilibrium Development

14.   Berikut ini adalah langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan dalil atau prinsip pembelajaran (dalil konstruksi, notasi, kokontrasan, dan konektivitas) menurut bruner kecuali…….
A.  Mengaitkan suatu konsep matematika dengan konsep – konsep lain atau konteks sehari-hari
B.  Menjelaskan konsep serinci mungkin dengan memberikan contoh konsep tersebut
C.  Menggunakan notasi atau simbol matematis yang telah dikenal dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa
D.  Membelanjakan suatu konsep matematika dengan cara mengkontraskanya dengan konsep – konsep dan non-contoh dari konsep tersebut

15.   Pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pelajaran dengan situasi atau dunia nyata disebut model pembelajaran.
A.  Bebasis masalah
B.  Inkuiri
C.  Aplikatif
D.  Kontekstual

16.   Penyusun RPP yang paling tepat adalah …
A.  Kelompok guru yang serumpun
B.  Kelompok kerja guru (KKG) mata pelajaran
C.  Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP)
D.  Masing-masing guru pengampu kelas bersangkutan

17.   Berikut ini yang bukan merupakan langkah-langkah penyusunan silabus adalah….
A.  Menentukan metode pembelajaran
B.  Merumuskan standar kompetensi
C.  Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran
D.  Menentukan sumber belajar

18.   Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah sebagai panduan bagi guru untuk…….
A.  Mengolah interaksi pembelajaran
B.  Mengevaluasi ketuntasan belajar siswa
C.  Memberdayakan sumber belajar
D.  Melaksanakan pembelajaran di kelas

19.   Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari kegiatan penyusunan instrumen hasil belajar
A.  Mempertimbangkan komposisi aspek-aspek kognitif
B.  Memeriksa sebaran tingkat kesulitan sosial
C.  Menentukan kamampuan atau hasil belajar yang hendak diukur
D.  Menyusun dan memilih butir-butir instrument yang diprediksi dapat dikerjakan oleh sebagian besar siswa.




20.  Kedua akar dari persamaan kuadrat
A.  Bilangan rasional
B.  Bilangan irasional
C.  Bilangan imajiner
D.  Bilangan natural

21.   Jumlah 20 bilangan ganjil berurutan adalah 600. Selisih bilangan terbesar dan terkecilnya adalah..
A.  38
B.  36
C.  34
D.  32

22.  Polynomial .        
Nilai  = ….
a.    1
b.    3
c.    6
d.   7

23.  Taksiran yang paling baik untuk 3.6 x (267 + 132) adalah
A.  1600
B.  1800
C.  2200
D.  2500
24.  Di antara hasil-hasil perhitungan di bawah ini yang nilainya terbesar adalah..\
A.  52 x 58
B.  53 x 57
C.  54 x 56
D.  55 x 55

25.  Sebuah lingkaran, sebuah segitiga,sebuah persegi, dan sebuah persegi panjang keempatnya mempunyai keliling yang sama. Yang mempunyai luas paling besar adalah…..
A.  Lingkaran
B.  Segitiga
C.  Persegi
D.  Persegi panjang

26.  Berikut ini yang bukan merupakan pernyataan adalah….
A.  9 + 13 < 12
B.  Hasil jumlah dua bilangan ganjil adalah ganjil
C.  Selidiki apakah jajargenjang yang salah satu sudutnya siku-siku adalah persegi panjang
D.  Suatu segitiga disebut sigitiga sama kaki apabila segitiga tersebut memiliki sudut yang kongruen

27.  Lingkaran dari pernyataan “budi rajin belajar dan lulus ujian“ adalah
A.  Budi tidak rajin belajar atau budi tidak lulus ujian
B.  Budi malas belajar dan tidak lulus ujian
C.  Budi malas belajar tetapi lulus ujian
D.  Tidak benar bahwa budi rajin belajar atau lulus ujian

28.  Perhatikan pernyataan berikut. “jika perekonomian Negara membaik, maka kesejahteraan rakyat meningkat “
Pernyataan ini ekuivalen dengan …….
A.  Perekonomian Negara membaik dan kesejahteraan rakyat meningkat
B.  Jika kesejahteraan meningkat, maka perekonomian Negara membaik
C.  Jika perekonomian Negara tidak membaik, maka kesejahteraan rakyat tidak meningkat
D.  Jika kesejahteraan rakyat tidak meningkat, maka perekonomian negara tidak membaik

29.  Pernyataan berikut ini yang benar adalah ….
a.    Diagonal-diagonal belah ketupat sama panjang
b.    Persegi panjang adalah jajargenjang yang salah satu sudutnya siku-siku
c.    Pusat lingkaran luar segitiga siku-siku terletak pada garis tinggi ke sisi miringnya
d.   Diagonal suatu persegi panjang saling tegak lurus

30.  Ibu sinta seseorang guru matematika berkeberatan bahwa prestasi matematika siswa pada akhir Semester hanya mempertimbangkan nilai  ulangan harian, ulangan tengah semester dan  ulangan akhir semester. Ibu sinta menghendaki agar nilai dari pekerjaan rumah perlu dipertimbangkan juga. Diperhitungkannya  nilai PR dalam menentukan nilai akhir semester tidak relevan dengan prinsip penilaian ….
A.  Kontinuitas
B.  Akuntabel
C.  Terpadu
D.  Sahih

31.   Perhatikan soal berikut : Diberikan nsistem persamaan linier . Tunjukkan bahwa SPLDV tersebut tidak mempunyai penyelesaian. Soal tersebut tepat untuk mengukur kemampuan ….
A.    menghafal
B.     memahami
C.     menalar
D.    menerapkan

32.  Ibu Susi mengintegrasikan pendidikan karakter kerja keras dalam proses pembelajaran  Matematika. Teknik penilaian yang dipilih oleh ibu Susi untuk mengetahui perkembangan siswa akan karakter tersebut adalah
A. penugasan individu
       B. penugasan kelompok
       C. pemberian angket
       D. pengamatan

33.  Ibu Dewi menyusun soal-soal untuk ulangan akhir semester. Dalam mengembangkan setiap soal ia menggunakan rumusan indicator pencapaian kompetensi yang merupakan bagian dari kompetensi dasar. Tindakan ibu Dewi tersebut sudah memenui salah satu persyaratan menyusun intrumen penilaian yaitu
       A. substansi
       B. strategi
       C. reliabilitas
       D. validitas

34.  Pak Irvan memberikan ulangan harian untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didiknya. Dari penskoran hasil ulangan tersebut, beberapa peserta didik belum mencapai KKM, sehingga Pak Irvan bermaksud melakukan kegiatan pembelajaran remidi.
Hal pertama yang hendaknya ditempuh oleh pak Irvan adalah ….
a.    Menjelaskan kembali materi pelajaran
b.    Mengidentifikasi materi yang dirasa sulit oleh siswa
c.    Melaksanakan proses pembelajaran remidi
d.   Membuat soal ulangan yang lain        

35.  Menurut Standar Penilaian tugas pendidik dalam mengelola penilaian proses dan hasil belajar  antara lain adalah melaporkan hasil penilaian. Macam hasil penilaian penilaian yang dilaporkan oleh guru matematika kepada pimpinan satuan pendidik untuk diteruskan kepada orang tua/wali peserta didik selain nilai pretasi matematika adalah….
       A. deskripsi singkat pencapaian kompetensi matematika
       B. akhlak
       C. ketelitian
       D. kepribadian

36.  Hasil anlisis pada ulangan harian menujukan sebagian besar siswa lemah dalam mengkomunikasikan gagasannya. Komponen pembelajaran yang paling urgen untuk diperbaiki adalah….
       A. metode pembelajaran
       B. alat penilaian hasil belajar
       C. sarana pembelajaran
       D. bahan ajar

37.  Upaya guru dalam memberikan kesempatan siswa agar melakukan refleksi pada pengalaman belajarnya adalah dengan cara …………..
A.  Guru memberikan soal latihan atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran.
B.   Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertannyaan bersifat penelusuran soal   pembelajaran berlangsung
C.   Guru  mewawancarai setiap siswa tentang masalah belajar yang dihadapi siswa tersebut dalam  belajar
D.  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar’

38.  Bahan yang tidak tepat digunakan guru matematika dalam melakukan refleksi terhadap pembelajaran adalah ….
  1. Catatan belajar  yang disusun peserta didik
  2. Catatan mengajar  yang disusun pendidik
  3. Rencana pelaksanaan pembelajaran
  4. Hasil analisis terhadap ulangan harian

39.  Pak dedi adalah guru matematika kelas VII. Hasil remidi (…tdk jelas )terhadap pembelajaran tentang “Melakukan operasi bentuk aljabar” yang dikelolanya, menunjukkan banyak peserta didik belum terampil melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan. Kegiatan yang perlu dilakukan oleh Pak Dedi  untuk memperbaiki kenyataan tersebut adalah …
a.    Mengulangi kembali menjelaskan seluruh materi operasi bentuk aljabar dan cara melakukan operasi hitung
b.    Bahan latihan disusun lebih terstruktur yaitu dimulai dari koefisien, variable dan kostantanya yang dioperasikan maupun hasilnya merupakan bilangan bulat baru ke pecahan
c.    Merancang dan melaksanakan pembelajaran remedial untuk memperbaiki kemampuan mengoperasikan bentuk aljabar
d.   Mengadakan tes lagi untuk mengukur tingkat kemampuan peserta didik dalam mengoperasikan bilangan bulat dan pecahan

40.  Bentuk sederhana dari
            A. 
            B.
            C.
            D.
41.   Penyelesaian system persamaan
       Adalah………
       A.
       B.
       C.
       D.

42.  Dari empat bilangan ganjil berurutan yang terkecil adalah 2m-3  jumlah empat bilangan tersebut adalah …
       A.  8m- 6
       B.  8m
       C.  8m+6
       D.  4m

43.  Jika suatu akar persamaan adalah , maka  a= ……
A.  1
B.   2
C.   4
D.  6

44.  Jika diketahui
a.      
b.     
c.      
d.     


45.  Besar salah satu sudut luar segi-15 beraturan adalah….
a.    210
b.   240
c.    270
d.   320

46.  Dua lingkaran berjari-jari sama berpotongan dan menyinggung sisi-sisi persegi panjang seperti gambar dibawah, jika panjang persegi panjang itu 10 cm dan jarak kedua pusat lingkaran itu sama denganlebar persegi panjang, maka luas persegi panjang itu adalah…
A.       46
B.       60
C.       72
D.       78

47.Pada gambar berikut, ABCD adalah persegi panjang dengan panjang 12 cm dan lebar 5 cm.
      Diagonal AB dibagi dalam 5 bagian yang sama oleh titik P,Q,R dan S. Luas daerah yang diarsir  adalah…. cm2. (gambar dan pilihan jawaban tdk jls…)

48.Nilai ulangan matematika siswa kelas VII terdapat pada
     
Nilai ulangan
3
4
5
6
7
8
9
Banyak siswa
5
8
5
4
3
3
2

      Seseorang dikatakan tidak perlu mengikuti program remedial jika nilai ulangannya lebih besar dari pada rata-rata nilai kelas tersebut ditambah satu siswa yang perlu mengikuti remedial sebanyak
A.    8
B.     12
C.     18
D.    22

49.  Dalam satu ujian tersedia 10 soal. Tiap peserta harus memilih 6 soal untuk dikerjakan. Dua soal dipilih dari soal nomor 1 s. d. 4. Dan sisanya dipilih dari soal nomor 5 sd. 10. Pilihan soal ujian yang mungkin dikerjakan peserta ada sebanyak.
a.      
b.      B.
c.       C.
d.      D.

50.Dari 100 siswa SMA Harapan jaya, diketahui bahwa 42 orang diantaranya menyukai kerawitan. 68 siswa menyukai paduan suara. 54 siswa menyukai menari. 22 siswa menyukai kerawitan dan menari. 25 siswa menyukai kerawitan dan paduan suara. 7 siswa menyukai menari tetapi tidak suka kerawitan dan paduan suara. 10 siswa menyukai kerawitan, paduan suara, maupun menari. Dan 6 siswa tidak menyukai satupun dari ketiganya. Jika seorang siswa SMA Harapan Jaya dipilih secara acak, peluang ia menyukai paduan suara dan menari tetapi tidak menyukai kerawitan sebesar …………

      A.  0.07
      B.  0.12
      C.  0.15
      D.  0.25

51. Penataan kursi-kursi untuk penonton suatu konser music dibuat sebagai berikut
       Baris pertama       *  *  *  *
       Baris kedua          *  *  *  *  *  *  *
       Baris ketiga          *  *  *  *  *  *  *  *  *  *          Dan seterusnya
       Banyaknya kursi yang tersedia untuk penonton sampai baris kelima adalah…
A.  50
B.  44
C.  38
D.  36

52.Persamaan garis yang sejajar sumbu y dan melalui titik ( -3, -3 ) adalah….
A. X = -3
B. Y = -3
C. X =  3
D. Y = 3

53.Ongkos taksi ekskutif, prinsip di tentukan sebagai berikut. Tarif buka pintu awal naik sebesar Rp 6.000,00. Dan tarif perjalanan per kilometer sebesar  Rp 4.000,00. Jika seseorang menggunakn taksi tersebut dan harus membayar sebesar Rp 90.000,00. Maka perjalanan yang ia tempuh sejauh.
A. 15.0 km
B. 21.0 km
C. 22.5 km
D. 24.0 km

54. 

55. ….

56.

57. ….

58. ….           

59.Banyaknya bilangan asli yang kurang dari 1000 yang hasil penjumlahan angka pertama dan angka terakhirnya 13 adalah …….
A. 6
B. 10
C. 60
D. 66

60.  Ketika johann Carl Friedrich Gauss ( 1777 – 1655 m ) masih sangat muda ia diminta oleh gurunya untuk menjumlahkan bilangan asli dari 1 sampai dengan 100. Bagai manakah cara Gauss menjumlahkan bilangan – bilangan tersebut ?
      A.   menjumlahkan kelompok-kelompok  10 bilangan kemudian menjumlahkan keseluruhan
B. menjumlah semua bilangan ganjil dan semua bilangan genap kemudian menjumlahkan dua  hasil tersebut
C. menjumlahkan 50 pasangan yang berurutan pertama kemudian dilanjutukan dengan 50 bilangan yang kedua kemudian menjumlahkan hasilnya
D. menjumlahkan 50 pasangan bilangan yang terdiri dari pasangan bilangan pertama dengan akhir, pasangan bilangan kedua dengan bilangan kedua sebelum akhir dan seterusnya.

61. Awal perkembangan filsafat matematika pada jaman yunani seperti plato  dan Aristoteles, focus filsafat matematika pada saat itu lebih menitik beratkan pada ….
A. Metodologi dan prinsip axiomatic
B. Objek matematika yang abstrak
C. Objek matematika yang abstrak  dan prosedur memperolehnya
D. Konsep, fakta dan ketrampilan matematika

62.Guru matematika memberi tugas siswanya menentukan tinggi pohon dan jarak dua benda diseberang sungai .alat yang tepat untuk digunakan adalah ….
A.  Klinometer
B.  Penggaris dan busur
C.  Metrin
D.  Jangka sorong

63.  Huruf-huruf A,B,C,D,E  dan F akan disusun secara acak. Peluang huruf A dan B berturut – turut  menempati urutan pertama dan kedua adalah ….
A.                       C.

B.                      D.


64.Jika x himpunan, x menyatakan kompunen x, n (x) menyatakan banyaknya anggota x, sedangkan  S menyatakan himpunan semesta apabila n(S) = 34, n(A) = 17, n(B) =18, dan n(A’∩B’)=2 maka n(A∩B)=…
A.  3
B.  4
C.  5
D.  6

65.  Jika diketahui tg a =t, maka nilai sin 2a adalah…
A.       2t(1+t2)
B.       1                                                    
C.       1
D.       1

66.  Dari segitiga ABC diketahui AB = 12 cm, BC = 9 cm dan sudut B = 1200. Luas segitiga ABC adalah … cm2
A.       18√3
B.       34√3
C.       27√3
D.       30√3

67.….. (gk jelas)

68.Suhu T (0C)dalam suatu gedung pada suatu hari dinyatakan oleh T = 8 sin dimana t adalah lama waktu (dalam jam) seetelah pukul 08.00. Endah berada digedung tersebut dari pukul 12.00 sampai pukul 18.00. Suhu tertinggi yang dirasakan Endah adalah...
A.  14
B.  18
C.  4√3 + 18
D.  26

69.Diketahui titik A(-2,5,4), B(2,-1,-2) dan C (p,q,1) Jika A,B dan C segaris, maka nilai p dan q berturut turut adalah …
A.  1 dan 2
B.  2 dan 0
C.  0 dan 2
D.  2 dan 1

70.Bila AB=1,1 matrik identitas dan B=(    ) maka A =
a.
b.
c.
d.                             

71.  
72. ….
73. ….
74. ….

75.Tujuan pembelajaran matematika menurut standar isi pemendiknas 2006 adalah sebagai berikut kecuali……
A.       Memahami konsep                C. Mengaitkan antar konsep
B.       Menghafal konsep                D. Menerapkan konsep

76.Kemampuan utuh yang harus dicapai pada pembelajaran geometri dan pengukuran ada pada..
A.       Standar kompetensi                          C. Tujuan
B.       Kompetensi dasar                             D. Indikator

77.Kemampuan dasar yang relevan dengan standar kompetensi memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunanya dalam pencarian masalah sederhana  adalah kecuali ….
a.    Menganalisis teorema yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
b.    Mengidentifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
c.    Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
d.   Memecahkan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
78.Rumusan indicator untuk mencapai KD yang rumusanya “menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat” adalah ….
a.    Memahami konsep fungsi kuadrat
b.    Menjabarkan fungsi kuadrat
c.    Menentukan akar fungsi kuadrat
d.   Menentukan titik puncak grafik fungsi kuadrat

79.Seorang guru matematika mengajarkan  materi tentang aplikasi integral. Rumusan indikatornya adalah ….
a.    Menentukan batas pengintegralan
b.   
c.   
d.   ….

80.Contoh tindakan dalam PTK adalah ….
a.    Mengidentifikasi masalah praktis dalam kegiatan pembelajaran di kelas
b.    Menerapkan strategi pembelajaran baru dan menyelidiki efektifitasnya untuk mencapai ketuntasan belajar siswa
c.    Menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memecahkan masalah praktis dalam pembelajaran
d.   Menerapkan strategi pembelajaran baru dalam membandingkan hasilnya dengan strategi pembelajaran konvensional

81. Kerangka berfikir dalam suatu proposal atau laporan PTK dapat berisi antara lain ….
a.    Penjelasan teoritis berdasarkan teori belajar dan hasil-hasil penelitian
b.    Penjelasan mengenai karakteristik materi ajar yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran
c.    Penjelasan mengenai karakteristik media yang sesuai dengan materi ajar
d.   Penjelasan tentang alasan pengambilan tindakan pembelajaran yang berkaitan dengan pemecahan masalah praktis yang dihadapi

82.Sikap atau tindakan yang tepat di lakukan guru matematika untuk menghadapi kemajuan zaman adalah…
A.  Menerapkan pembelajaran berbantuan computer untuk semua materi pelajaran
B.  Secara konsisten tetap menggunakan atau menerapkan suatu metode pembelajaran yang tetap diterapkan
C.  Mengikuti petunjuk atasan untuk menerapkan suatu pembelajaran yang inovatif
D.  Membelanjarkan siswa sambil belajar bagaimana membelajarkan siswa.

83.Langkah-langkah berikut yang merupakan prosedur dalam pengiriman file melalui email bagi user yang sudah mempunyai email account adalah ….
a.    Sign up ; compose ; to ; attach file ; log out ; send
b.    Sign in ; to ; compose ; send ; attach file ; send
c.    Sign in ; compose ; to ; attach file ; send ; sign out
d.   Sign up ; to ; compose ; send ; attach file ; log out

84. …..

85.aplikasi internet di bawah dapat digunakan untuk mengirim file kepada orang lain kecuali…
A.       E-mail                       C. Facebook
B.       Google                      D. Web site

86.Istilah lain dari melampirkan file ke dalam e-mail yang akan dikirim disebut..
A.  Meng-insert file
B.  Mengkopi file
C.  Meng-support file
D.  Meng-upload file

87.Program computer yang dapat digunakan untuk mengakses informasi yang ada di internet adalah..
A.  Browser internet
B.  FTP(file transfer protocol)
C.  MS Acces
D.   ….(GJ)

88.File-file yang dapat diperoleh dari internet yang berguna untuk pembelajaran matematika adalah kecuali ….
a.    File-file dokumen (doc, pdf, ppt)
b.    File-file program (sip. Exe)
c.    File- file multimedia (audio, video)
d.   File-file upload (jpg, kvt)

89.Jika seorang guru ingin melaksanakan pembelajaran berbasis online agar siswa dapat mengakses materi pembeljaran dan lebih mudah berkomunikasi dengan orang gurunya secara online, maka yang dilakukan oleh guru adalah…
A.  Membuat blog yang berisi materi-materi pembelajaran dan  dilengkapi dengan forum komunikasi
B.  Mengirim e-mail yang berisi materi pembelajaran ke setiap siswa
C.  Membuat home page pribadi yang berisi link-link ke sumber-sumber belajar internet
D.  Membuat komputernya berisi bahan-bahan belajar yang berasal dari internet

90.Ada tiga level belajar siswa menurut bruner yakni enaktif,ikon dan symbol kegiatan belajar yang relevan bagi siswa unggulan pada topic phytagoras di smp adalah….
A.  Enaktif
B.  Enaktif –ikonik
C.  Ikonik-symbolik
D.  Simbolik

91. Berikut adalah aktivitas-aktivitas dalam pembelajaran barisan aritmatika
               i.     menemukan rumus suku ke-n dari barisan aritmatika
             ii.     mengerjakan soal yang bervariasi
           iii.     memberikan contoh masalah kontekstual
      urutan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa smp atas
A.  1,2,3
B.  3,1,2
C.  1,3,2
D.  3,2,1

92.Guru ingin memanfaatkan rumus luas segitiga sama kaki untuk mencari rumus luas lingkaran. Untuk itu lingkaran tersebut dipotong menjadi sebanyak juring yang sama besar.
A.  12
B.  14
C.  16
D.  18

93.Guru ingin mengajarkan konsep segitiga dengan menyiapkan tiga batang lidi sebagai sisi-sisinya. Panjang ketiga lidi yang benar adalah….
A.       4 cm, 5 cm,dan 10 cm
B.       5 cm, 7 cm,dan 13 cm
C.       6 cm, 9 cm,dan 14 cm
D.       7 cm, 11 cm,dan 19 cm


94.Soal matematika yang mengarahkan siswa menjadi kreatif adalah soal yang mempunyai jawaban..
A.  Tunggal
B.  Tertutup
C.  Banyak
D.  Sederhana

95.Guru berkeinginan mengajarkan konsep turunan fungsi satu variable. Konteks yang paling sesuai sebagai awal pemicu pembelajaran adalah….
A.  Kecepatan sebagai perubahan jarak yang ditempuh
B.  Percepatan sebagai perubahan waktu
C.  Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tertentu
D.  Jarak yang ditempuh sebagai selisih jarak dari waktu akhir dan waktu awal

96.Berikut ini yang merupakan bentuk kegiatan refleksi guru atas kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan adalah…..
A.  Membandingkan kinerja  sendiri dengan kinerja guru lain yang serumpun
B.  Membandingkan pembelajaran ini yang dilakukan dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya
C.  Memperbaiki proses pembelajaran berdasarkan saran dari rekan guru pengawas kepala sekolah atau siswa
D.  Memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan karakteristik siswa


97.Bentuk tindak lanjut dari kegiatan refleksi guru atas pembelajaran yang telah dilakukan adalah…
A.       Melaksanakan tes formatif untuk mengetahui kemajuan belajar siswa
B.       Menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan hasil refleksi yang telah dilakukan
C.       Melaksanakan penelitian tindakan kelas sesuai hasil reaksi untuk mengetahui miskonsepsi siswa terhadap materi matematika tertentu
D.       Mengikuti kegiatan MGMP untuk berbagi pengetahuan tentang hasil refleksi



98.  Tujuan utama PTK adalah …
a.         Menerapkan strategi pembelajaran baru dan menyelidiki efektifitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa
b.         Membandingkan efektivitas antara beberapa metode pembelajaran dan memilih metode mana yang paling efektif
c.         ……(gak lelas…)
d.        ….. (GJ juga…)

99.Berikut ini adalah karakteristik penelitian tindakan kelas (PTK) kecuali
A.  Hasil penelitian dapat digeneralisasi untuk skala yang lebih luas
B.  Hasil penelitian hanya berlaku untuk kelas tertentu
C.  Berangkat dari masalah nyata dan praktis yang dihadapi guru di kelas
D.  Adanya kolaborasi antara guru yang seumur




 Semoga bermanfaat
Sumber P4TK Matematika












Tidak ada komentar:

Posting Komentar